#BlackWhite: Tolak Belakang yang Memberikan Pengaruh Kuat

#BlackWhite: Tolak Belakang yang Memberikan Pengaruh Kuat

 

#BlackWhite: Tolak Belakang yang Memberikan Pengaruh Kuat

 

“But, if you’re thinkin’ about my baby, It don’t matter if you’re black or white”, sebuah penggalan lirik lagu dari musisi terkenal dunia, Michael Jackson. Ya, warna hitam putih adalah elemen warna yang sering kita temukan dihampir setiap situasi dan tempat. Setelah sebelumnya kita membahas warna merah, biru, hijau, kuning, dan pink, sekarang kita akan membahas warna yang bisa mempengaruhi elemen warna lain.

Hitam biasanya akan mempengaruhi warna-warna dasar menjadi lebih gelap dan putih biasanya akan mempengaruhi warna menjadi lebih muda. Ada teori yang menyebutkan bahwa warna hitam bisa didapatkan ketika kamu menggabungkan warna primer yaitu merah , kuning, dan biru. Sedangkan warna putih menurut teori adalah perpaduan dari semua warna. Buktinya? Kita bisa melihat pelangi setelah hujan, hal ini terjadi karena pembiasan cahaya matahari melewati tetes hujan.

Oke cukup dengan teori warna hitam dan putih, sekarang kita membahas mengenai makna psikologis dari kedua warna tersebut. Warna hitam secara psikologis bisa menggambarkan perasaan duka, tertutup, dan cuek. Kok negatif semua? Tenang, makna positif dari warna hitam juga banyak, antara lain elegan, berani, mendominasi, dan pusat perhatian. Sedangkan warna putih secara psikologis bisa menggambarkan kedamaian, kesucian, kosong, kebebasan, dan keterbukaan.

Di ARTI ada banyak pilihan karya-karya dari seniman lokal maupun internasional yang mengangkat tema warna hitam dan putih. Berikut ini karya-karyanya:

1. Marco Gonzales – Minimal Landscape 01

Marco Gonzales - Minimal Landscape 01

Ini salah satu karya dari seniman di ARTI, Marco Gonzales yang memadukan warna hitam, putih, dan sedikit garis berwarna emas. Kesan mewah keluar dari lukisan ini karena aksen emas digaris-garis. Lukisan ini memiliki tema bukit-bukit gradasi dari hitam ke putih. Lukisan ini cocok dipasangkan di ruangan anda karena sifat dari lukisan yang general.

2. Wendy Wibisono – WW 06

Wendy Wibisono - WW 06

Salah satu seniman di ARTI yang berasal dari Indonesia, Wedy Wibisono banyak mengeluarkan karya yang berwarna hitam putih. Banyak karya-karya dia yang bertemakan sketsa bangunan. Seperti karya yang ini, Wendi Wibisono menggambarkan sketsa kondisi gang dengan ada warungnya. Lukisan ini cukup netral untuk diletakkan di semua ruangan.

3. SisiAndSeb – Empire State

SisiAndSeb - Empire State

Siapa yang tidak kenal dengan gambar bangunan ini. Berlokasi di Amerika, gedung Empire State menjadi simbol kota New York. SisiAndSeb menjadikan gedung ini menjadi objek utama di karyanya. Gedung Empire State yang dibalut dengan warna hitam putih menjadikan lukisan ini cukup dramatis dan cocok untuk dipasang di ruang keluarga atau ruang tamu.

Itu dia tiga lukisan pilihan kami yang bisa menjadi inspirasi kamu ketika memilih lukisan hitam putih. Masih banyak lagi pilihan-pilihan lain karya yang mengambil topik warna hitam putih disini. Yuk baca-baca juga artikel lain di blog.arti.id. Sampai juga diartikel-artikel menarik lainnya. See you!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *